Jumat, 21 Agustus 2009

SELAYANG PANDANG CABANG GMKI KUPANG

Sejarah pembentukan GMKI kupang dapat ditelusuri melalui AD GMKI pasal 5 ayat 2, yang menyatakan bahwa bentuk organisasi ini berbentuk kesatuan yang mempunyai cabang-cabang di kota-kota Perguruan Tinggi di Indonesia.
Di samping itu pula, berdirinya GMKI Kupang sangat berkaitan erat dengan berdirinya Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang pada tahun 1962 dan PGSD Negeri Kupang yang pada waktu itu sudah ada, serta kepentingan dan kesadaran pembentukan wadah kesatuan dan pengembangan kerohanian mahasiswa Kristen di Kupang.
Berdasarkan hal di atas, dengan bermodalkan pengetahuan dan pengalaman akan misi Gerakan sejak menjadi anggota GMKI Cabang Jogjakarta tahun 1955-1959 mendorong Bpk. Robert Riwu Kaho berinisatif membentuk GMKI Cabang Kupang.
Langkah pertama yang ditempuh adalah, mengadakan hubungan dengan beberapa anggota GMKI Cabang Jogjakarta, Malang dan Jakarta yang berada di Kupang antara lain :
1. Bapak Martinus Londong, BA (waktu itu sebagai Jaksa)
2. Bapak Tigor Gultom (Kepala Perdagangan NTT)
3. Bapak Welly Sereh (Camat Kota Kupang)
4. Bapak L. Radja Haba (Dosen Theologia, eks GMKI Cabang Jakarta)
Setelah mengadakan pembicaraan secara informal, mereka bersepakat dan menyetujui pembentukan GMKI Cabang Kupang dan memperoleh dukungan masyarakat Kristen. Kelima orang tersebut mengadakan hubungan dengan tokoh-tokoh masyarakat pada waktu itu antara lain : Bapak R. B Nale dan Bapak M. Tugededo (Alm) sehingga pada tanggal 18 Agustus 1962, pukul 16.00 Wita diadakan rapat perdana di SMP Negari 2 Kupang dengan agenda tunggal yaitu pembentukan calon Cabang GMKI Kupang. Hasil dari rapat tersebut adalah :
1. Semua peserta rapat menyetujui Calon Cabang GMKI Kupang dan segera melapor ke PP-GMKI di Jakarta untuk mendapat pengesahan.
2. Terbentuknya Badan Pengurus Cabang GMKI Kupang hingga menanti datangnya surat pengesahan dengan susunan sebagai berikut :
Pembina : 1. Bapak Robert Riwu Kaho
2. Bapak Tigor Gultom
3. Bapak Welly Sere
Badan Pengurus
Ketua : Jos Ngefak
Wakil Ketua : Sol Therik
Sekretaris : Habel Doko
Bendahara : Petronela Tjung
Pembantu / Anggota : Lende Umbu Tara
P. Simanjuntuk
Daud Lata
Yo Woleka

Sejak saat itu, GMKI Cabang Kupang terus bergerak dan bergumul di atas kegersangan batu karang, menyusuri medan-medan layannya (gereja, Perguruan Tinggi dan masyarakat). Mengukir karang-karang terjal dengan syalom Allah hingga menjadi relief dalam lembaran sejarah.

2 komentar:

  1. Lalu bagaimana dengan Sekretariat Cabang GMKI Kupang yang sebentar lagi bakal digusur oleh pemiliknya PWKI?

    BalasHapus
  2. Maju terus GMKI Kupang....Jadilah alat Tuhan sebagai reformator iman dan kerohanian umat Tuhan yang berdiam di wilayah NTT. Jerih payahmu dalam Tuhan tidak akan sia-sia.

    BalasHapus