Jumat, 21 Oktober 2011

Perupa NTT Unjuk Kebolehan di Mataram

Tujuh orang perupa dari Propinsi NTT mengikuti pameran seni rupa bertajuk Tepian Masa di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat (NTB), Jalan Panji Pilar Raya, Ampenan, Mataram, Selasa (18/10/2011).

Unjuk kebolehan yang diikuti peserta dari tiga propinsi, yakni NTT, NTB dan Bali ini akan berlangsung sampai 23 Oktober mendatang.


Salah satu perupa NTT, Jacky Lau ketika dihubungi per telepon, Rabu (19/10/2011) malam, mengatakan, even tahunan ini diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia dan Museum Basoeki Abdullah.


Galeri Nasional sendiri kata Lau, membawa 25 lukisan koleksi negara karya para maestro seperti Affandi, S. Sudjodjono, Nyoman Gunarsa, Widayat, Basoeki Abdullah, Popo Iskandar, Fajar Sidik, Agus Djaja, Dullah, Nashar, dll.


Pameran ini memanggungkan 30 Lukisan yang telah diseleksi para perupa dari tiga wilayah tersebut. NTT sendiri kata dia, meloloskan tujuh orang perupanya, yaitu Ever Eliazer Elil Lomi Rihi, George Eman, Ferry Wabang, Jacky Lau (Oyang), Tinik Royaniwati, Ubed Mashonev, dan Yohanes K. Liliweri (Yopie). Selain pameran, para seniman juga mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diskusi.


Jacky Lau mengatakan, ajang ini merupakan kebanggaan tersendiri karena karya-karya perupa dari Flobamora bisa dipajang berdampingan dengan karya-karya para maestro seni rupa Indonesia, antara lain Basoeki Abdulah, Affandi, Dullah, Popo Iskandar.


Ia mengatakan, ada dua ruang pameran, yakni ruang pameran pertama berisi 30 lukisan bertema lanskap dan obyek-obyek visual bukan manusia. Sedangkan ruang pamer lainnya berisi 30-an karya dengan obyek manusia baik visualisasi secara realis, dekoratif sampai ke lukisan abstrak.


Jacky Lau bangga karena banyak tamu dan undangan yang hadir serta memberi apresiasi atas karya mereka. “Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, para perupa NTT sedang berjuang membangun pemahaman masyarakat NTT untuk mencintai model kesenian seperti ini,” kata Lau.


Lau mengatakan, perupa asal NTT ini memiliki keinginan kuat dan tekad bulat untuk maju, walau dukungan dari pemerintah dalam hal ini Dinas Budpar dan UPT Taman Budaya belum familiar.

http://kupang.tribunnews.com/read/artikel/71889/ekbis/perupa-ntt-unjuk-kebolehan-di-mataram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar